Makanan Yang Mampu Meredakan Rasa Nyeri Waktu Menstruasi ( Haid ) - Hidup Sehat Com

https://teradisisehat.blogspot.com

HIDUP SEHAT COM- Kebiasaan wanita yang sudah menginjak dewasa sudah pasti akan mengalami haid, apakah anda disaat haid datang merasakan rasa nyeri ?

Di masa menstruasi terkadang menyakitkan, merasa sakit di perut bahkan hampir semua bagian tubuh terasa nyeri, dan pada sebagian perempuan akan merasa demam.


Yang paling merepotkan pada wanita yang sedang haid adalah di hari pertama hingga hari ke tiga, maka harus meminum obat pereda rasa nyeri, wanita yang sedang haid biasanya harus melakukan istirahat yang cukup juga air hangat untuk membantu rasa nyerinya itu.

Tapi jangan takut anda tidak sendirian yang mengalami sakit saat haid, tak sedikit wanita yang mengalami sakit dan keram di perut, setidaknya 40 sampai 70 % wanita pernah mengalami rasa nyeri di saat mentruasi.

Nyeri pada bagian pinggul, perut bagian bawah atau nyeri pada payudara mungkin anda ingin mengetahui dari mana nyeri itu berasal.

Asal kamu tahu?
Selama menstruasi otot-otot di rahim berkontraksi dan merelaksasi rahim untuk mendapat mengeluarkan darah kotor.
Selama otot rahim dalam keadaan berkontraksi, beberapa orang akan merasakan kram pada perut bahkan akan mengalami muntah, mual, sakit kepala, diare, bahkan demam.
Saat nyeri ini terjadi sebenarnya tubuh sangat membutuhkan nutrisi, maka untuk mengatasinya perlu makanan penambah nutrisi.

Untuk itu perlu mencoba juga makanan-makanan dan minuman penambah nutrisi yang mampu meredakan nyeri di saat menstruasi.

Dan simak beberapa makanan dan minuman yang bisa meredakan rasa nyeri di saat menstruasi secara alami, silahkan anda simak sebagai berikut:

1. Sayuran Hijau

Dihari pertama menstruasi perempuan biasanya banyak mengeluarkan darah,di saat itu sangat membutuhkan asupan nutrisi yang tersimpan seperti Zat besi, magnesium dan potasium.
Mengapa perempuan di saat menstruasi sangat lelah, pusing, dan gangguan penglihatan, solusinya dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti sayur bayam, buah-buahan, yogurt di konsumsi di pagi hari.

2. Ikan

Ikan sangat kaya dengan omega 3 dan juga asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan, selama menstruasi omega 3 akan membuat otot lebih rilek dan setabil, tentu akan menghilangkan rasa nyeri kram.
Ikan ini baik di konsumsi di malam hari bersama dengan sayuran-sayuran hijau.

3.  Gandum

Gandum adalah makanan yang sangat baik untuk di konsumsi di saat haid, kandungan nutrisi yang terkandung pada gandum yaitu magnesium yang bisa mengurangi rasa keram, Vitamin B dan E yang dapat membantu mengurangi rasa lelah dan letih dan juga memperbaiki mood.

4.  Telor

Makanan ini sangat banyak mengandung protein yang dapat meregenerasi sel dan sangat baik secara alami untuk kesehatan tubuh.

5.  Daging Sapi

Selain telor juga daging sapi banyak mengandung protei bagi yang sedang mengalami menstruasi sangat baik mengkonsumsi dagingsapi sebab di percaya daging sapi bisa menambah kesetabilan tubuh di saat haid.

6.  Coklat

Coklat hitam mengandung kokoa, coklat bisa membantu memperbaiki mood sebab mengandung anti oksidan dan serotonin sehingga membuat perasaan bahagia.
Seringkali pada perempuan yang sedang haid sangat sensitif, dengan mengkonsumsi coklat dapat mengatasi sensitif dan emosi terkadang sering terjadi.

7.  Pisang

Pisang juga sangat baik di konsumsi saat nyeri haid dan juga saat kelelahan, pisang banyak mengandung potasium dan vitamin yang dapat meningkatkan mood serta mengatasi pergerakan otot.

8.  Kenari dan kacang tanah

Kenari atau kacang kacangan sangat baik untuk kesehatan otak termasuk dengan kacang tanah. Kenari dan kacang tanah sangat kaya dengan kandungan omega 3 bisa mengurangi inflamasi selama haid. Kaya akan Vitamin B6 dan magnesium akan mengurangi keram.

9.  Nanas

Nanas juga salah satu makanan sangat baik untuk mengurangi kram perut di saat haid terjadi baik di makan secara utuh maupun di makan sebagai campuran selai roti.

10. Teh hijau

Minuman hangat teh hijau ini bisa mengurangi nyeri perut di saat haid di karnakan teh hijau bisa meningkatkan keseimbangan hormon, dengan mengkonsumsi minuman teh hijau maka tubuh akan terasa segar dan lebih baik.

Demikian ulasan makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa nyeri di saat menstruasi terjadi, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan dan pengalaman baru untuk anda, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.