Tanaman Herbal Alami Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh - Hidup Sehat

https://teradisisehat.blogspot.com

HIDUP SEHAT - Tanaman rempah-rempah dari jaman daulu sudah banyak di gunakan sebagai obat-obatan herbal alami yang di sebut sebagai jamu teradisional yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran juga pengobatan dan peningkatan daya tahan tubuh.


Rempah-rempah yang sering kita gunkan untuk di guanakan sebagai bumbu dapur seperti, kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, pala, dan juga kayu manis semua bumbu dapur ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.
Sebagian besar rempah alami ini adalah sebagian besar berasal dari Asia, yang sebelum populer rempah ini sudah di gunakan untuk menghangatkan badan di kala suhu sedang dingin, dan juga untuk peningkatan daya tahan tubuh di waktu musim pancaroba.

Karena sudah terbukti akan sifat Anti - Inflamasi dan juga Anti Bakteri-nya tidak jarang juga rempah-rempah di jadikan komposisi suplemen dan vitamin.

Ditengah  musim pancaroba sudah tentu yang paling utama menjaga pola hidup sehat dan diperbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Keadaan tubuh tidak sehat dan kurangnya kebugaran akan memudahkan terpaparnya berbagai macam penyakit seperti virus COVID - 19.

Selanjutnya mari kita simak rempah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan penjelasan sebagai berikut.

1.  Serai



Serai memiliki manfaat untuk menenangkan perut dan menjaga pencernaan tetap terkendali serei memiliki komponen yang di sebut Citral yang dapat membantu pencernaan.
Selanjutnya serai memiliki beragam manfaat untuk kesehatan anda dan mari kita simak sebagai berikut:


  1. Baik untuk pencernaan
  2. Mengandung Antioksidan untuk menangkal radikal bebas.
  3. Mampu mengatur tekanan darah tinggi
  4. Meningkatkan metabolisme dan membakar lemak
  5. Bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut
  6. Dapat menyembuhkan pilek dan flu
  7. Meredakan nyeri haid
2.  Kunyit



Kunyit memiliki nama ( turmeric) ini salah satu bumbu dapur yang sering di gunakan dalam masakan has Indonesia, memiliki ciri khas berwarna kuning yang memiliki bahan aktif curcumin.
Kunyit ini mengandung Anti inflamasi yang ampuh melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel tumor.

Di sebuah pengobatan Ayurpeda metode pengobatan tertua di dunia yang berasal dari negara India, kunyit di gunakan sebagai obat andalan sampai jaman sekarang ini misalnya untuk pengobatan masalah pencernaan dan kecantikan kulit.

Dengan berbahan rempah kunyit yang di padukan dengan susu untuk kesehatan dan peningkatan daya tahan tubuh, bisa anda racik sendiri  dengan resep Minuman Golden Milk  bisa anda ikuti sebagai berikut:

Bahan-bahan:


  • Satu sendok makan kunyit
  • Setengah sendok teh jahe
  • 1 Batang kayu manis
  • 2 gelas susu sapi murni atau susu satu jenis lainya
  • Lada secukupnya
  • 1 Sendok makan sirup maple
Cara membuatnya :

Campur semua bahan-bahan di atas kedalam susu  kemudian didihkan selama 5 - 10 menit setelah mendidih angkat dan saring minuman ini bisa anda tambahkan madu, minum satu atau duakali satu hari, bisa anda rasakan hasiatnya.

3.  Pala


Tanaman ini jenis rempah yang banyak di tanam di Indonesia, pala memiliki peran penting dalam dunia kuliner pasakan kita ini.
Selain bijinya di gunakan untuk bumbu masak juga kulit buah pala di gunakan sebagai manisan yang banyak di jual sebagai oleh-oleh.

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi buah pala dapat memberikan banyak manfaat untuk mengatasi insomia, menetralisir tekanan darah, dan juga menjaga kesehatan kulit.

Selain itu ada juga manfaat lain yang dapat di ambil dari buah pala yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat meredakan respirasi yang aman di gunakan pada anak-anak.

4.  Kayu Manis

Kayu manis memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga banyak orang yang menggunakan untuk bumbu masak dan di kunyah untuk menghilangkan bau mulut.

Dari kandungan magnesium yang terkandung di dalam kayu manis banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Selain magnesium kandungan yang terkandung dalam kayu manis adalah sebagai berikut:


  • Magnesium
  • Zat besi
  • Potasium
Dari kandungan-kandungan di atas kayu manis memiliki berbagai manfaat yaitu untuk mensetabilkan gula darah, menurunkan berat badan dan juga menjaga daya tahan tubuh.

5.  Jahe



Tanaman jahe sebagai tanaman herbal yang berasal dari negara Tiongkok, jahe banyak mengandung zat herbal yang mampu menangkal berbagai macam virus.
Jahe termasuk bahan alami herbal yang dapat mempertahankan daya tahan tubuh dan memiliki properti anti bakteri dan anti mikroba untuk membantu melawan infeksi Virus seperti flu , batuk termasuk virus COVID - 19 yang sangat mematikan.

Selain itu bila anda mengkonsumsi jahe secara rutin dapat menahan efek penuaan dini dan dapat meningkatkan aktifitas otak.

Jahe dapat di gunakan dalam bentuk bubuk, suplemen, dan silahkan anda simak resep ramuan jahe untuk meningkatkan imunitas tubuh sehari-hari.


  • Campur 2 sendok jus lemon dengan 450ml air yang matang
  • Tambahkan 2 sendok makan jahe yang sudah di bentuk bubuk
  • Panaskan dan biarkan sampai mendidih lalu tambahkan madu
Lalu anda minum di pagi hari dan malam menjelang tidur malam, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian ulasan tentang tanaman herbal yang dapat meningkatkan daya tubuh anda sampai jumpa di kesempatan yang lainya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.