Manfaat Singkong Untuk Kesehatan






https://teradisisehat.blogspot.com
Tanaman singkong atau ketela pohon  ( Manihot esculenta ) sudah tidak asing lagi bagi masarakat Indonesia, masyarakat Aprika, Asia, maupun eropa tanaman singkong digunakan sebagai makanan pokok berabad-abad lamanya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia bukan hanya mengkonsumsi beras tapi juga memiliki makanan pokok lain yaitu singkong.
Tanaman singkong termasuk tanaman perdu bersipat tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Tanaman singkong bisa dimanfaatkan bukan hanya umbinya tapi daunyapun bisa di manfaatkan sebagai sayuran.

Tanaman singkong bisa di kembang biakan secara setek maupun dengan menanam batangnya dengan cara di potong-potong diantara 25-30 cm

Perlu anda ketahui kandungan nutrisi yang terkandung didalam singkong rebus di antaranya:

  • Air
  • Kalori
  • Protein
  • Serat
  • Glukosa
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Posfor
  • Potasium
  • Sodium
  • Mangan
  • Selenium
  • Thiamin
  • Riboflapin
  • Vitamian A,B,C dan E
  • Folat
Tentunya dari banyak nutrisi yang terkandung dalam singkong rebus tentunya banyak manfaat pula untuk kesehatan kita.

Dari bahasan kandungan di atas tentu anda penasaran akan manfaat dari kandungan nutrisi di atas marikita simak selanjutnya:

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan

1.  Melancarkan pencernaan

Kandungan serat singkong rebus tentunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan diantaranya susah BAB ataupun sembelit sehingga pencernaan anda akan lebih lancar.

2. Menyembuhkan diabets

Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes anda bisa memanfaatkan singkong rebus untuk mengatasi penyembuhan dan mengurangi kadar gula dalam tubuh.

3.  Mengatasi kesehatan jantung 

Dalam singkong rebus mengandung nutrisi yang dinamakan serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda di karnakan serat dapat bekerja menetralisir kolesterol dalam tubuh.

4.  Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Dari kandungan kalsium yang tinggi maka singkong sangat baik untuk di konsumsi yang memiliki masalah tulang dan gigi.
Terlebih lagi Vitamin K yang terkandung didalam daun singkong dapat mempengaruhi dan memiliki peran dalam membangun susunan tulang dan dapat mencegah hilangnya kalsium dalam tubuh.

5. Mencegah anemia

Dari kandungan Mineral penting yang terkandung didalam singkong rebus yaitu hemoglobin yang bertugas sebagai penghantar oksigen ke seluruh tubuh.
Dengan mengkonsumsi daun singkong dan juga singkong rebus dengan teratur akan mencegah kekurangan zat besi yang menyebabkan terjadinya anemia dan membantu membentuk pertumbuhan sel-sel darah merah.

6.  MKencegah kangker

Kandungan Anti-oksidan yang terkandung didalam singkong rebus dapat membatu melindungi tubuh anda dari radikal bebas.
Anti-oksidan membantu tubuh melindungi sel-sel dari kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas.
Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan memicu terjadinya pembentukan sel-sel kangker, untuk itu kosumsilah singkong dengan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

7.  Menurunkan berat badan

Dari kandungan serat yang tinggi singkong rebus memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, bagi anda yang mengikuti program diet dengan mengkonsumsi singkong untuk pengganti nasi akan berfotensi keberhasilan dalam melakukan diet.
Singkong bila dikonsumsi akan memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan lain contohnya nasi.

8. Menjaga kelancaran metabolisme

Dari ubi singkong merupakan suber nutrisi folat, piridoksin, thiamin, riboflapin, dan juga asam pantotenat yang penting untuk membantu memproduksi hormon metabolisme dan memberikan kelancaran metabolisme didalam tubuh.

9.  Meningkatkan sistim kekebalan tubuh

Serat yang terkandung di dalam singkong terutama pada daunya akan mendorong pertumbuhan probiotik atau bakteri baik dalam usus dan lebih dikenal dengan probiotik adalah sistim kekebalan tubuh.
Dengan berkembangnya bakteri baik dalam usus akan membantu meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan membatasi mikroorganisme patogen dalam tubuh.

10.  Mengurangi rasa setres

Magnesium adalah kandungan mineral yang sangat membantu mengurangi rasa setres dan juga di percaya dapat menenangkan sistim saraf.
Dengan rajin mengkonsumsi rebusan singkong yang kaya akan nutrisi yang membentuk tubuh anda menjadi seehat sepanjang masa.

Sampai di sini ulasan mengenai umbi singkong dan semoga menambah pengetahuan anda sampai jumpa. (dari sumber bisa di percaya)




2 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  2. REKOMEN NIH
    UNTUK MAIN JUDI POKER ONLINE / BANDAR Q / DOMINO 99 / CAPSA SUSUN / SAKONG / ADU 99
    PERMAINANNYA PAKAI UANG ASLI / MINIMAL HARUS PUNYA REKENING SENDIRI
    MINIMAL DEPOSIT DAN WITHDRAW 20RIBU
    ADA JACKPOT HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH , COBA MAIN BROOOO

    UNTUK PENDAFTARAN SILAHKAN KLIK LINK INI : http://bit.ly/2s7eRj2

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.