Tanaman Paku Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan - Dengan Mang Cocon

 

https://teradisisehat.blogspot.com
Tanaman paku adalah merupakan salah satu organiasme fotoutotrof yang artinya tanaman ini memiliki makanannya sendiri dengan cara fotosinetis.

Tanaman paku hidup di tempat yang lembab, berair, tanah, dan juga permukaan batu dan menempel pada kayu.

Dari tanaman paku ini memiliki manfaat untuk kehidupan manusia meskipun ada tanaman paku yang merugikan. Tanaman paku ini sudah ada sejak jaman karbon yakni sejak sebelum pembentukan pelanet bumi dan di perkirakan sudah hidup sejak 400 juta tahun lalu.

Walau dulu tanaman paku tumbuh besar namun namun sesudah berevaluasi dan mengalami seleksi alam maka ukuran tanaman ini menjadi seperti sekarang ini.
Perlu anda ketahui apa saja manfaat dari tanaman paku untuk kehidupan manusia ? mari kita simak sebagai berikut :

1.  Untuk Sayuran

Dimasarakat pedesaan sampai masayarkat umum bahwa tanaman paku bisa di jadikan sebagai sayuran, di dalam tanaman paku banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh, contohnya seperti marsilea crenata bisa di gunakan sebagai tumis yang banyak mengandung Serat yang tinggi.

2.Untuk Pupuk Hijau

Tanaman paku di percaya bisa mengikat N yang ada di udara seperti pada tanaman paku Salvinia natans dan juga Ajolla Pinata sehingga banyak di gunakan untuk bahan pupuk organik untuk pertanian yang sangat kaya dengan zat nitrogen.

3. Pengobatan Herbal

Tanaman paku sering di gunakan oleh ara ahli medis seperti jenis paku kawat dan juga Lecopodium clavatum yang bisa di gunakan sebagai bahan pembuatan pil Alsophila glauca atau pakis haji untuk mengobati sakit perut dan mengatasi diare serta dryyopteris filix mas untuk obat cacaing dan masih banyak lagi manfaat dan kegunaan untuk kesehatan.

4.  Bisa Dijadikan Bahan Alat Pembersih

Tanaman paku bisa juga dibuat sebagai alat kebersihan seperti tanaman paku ekor kuda atau Equisetum debile bisa di buat sikat atau alat gosok sebab dari jenis paku ini memiliki serat yang halus namun tidak mudah patah.

5. Sumber Energi Fosil

Dari semua jenis tanaman paku yang sudah hidup di masa yang lalu sudah terdekomposisi dan memgalami proses dengan waktu dan berubah menjadi fosil dan terakumulasi dan terbentuk sebagai lapisan karbon didalam tanah.
Lapisan karbon tersebut di gunakan oleh manusia sebagai bahan bakar energi batu bara.

6.  Sebagai Tanaman Hias

Tanaman ini bisa di gunakan sebagai tanaman hias, dari tanaman paku ini memiliki nilai estetis dari mulai daun sampai susunan akar sehingga tanaman paku sangat indah untuk di jadikan tanaman hias yang berkualitas.

Tanaman paku ternyata bukan hanya tanaman liar yang berdampak buruk akan tetapi memiliki manfaat untuk tanaman hias, makanan, dan juga medis, semoga dari bahasan di atas menjadikan pengalaman baru dan bermanfaat untuk anda.

3 komentar:

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)

    BalasHapus
  2. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus
  3. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.