Biji Wijen Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan


https://teradisisehat.blogspot.com
Apakah anda sudah mengetahui apa itu biji wijen?
Biji wijen adalah biasa di tanam oleh para petani sebagai tanaman campursari untuk melengkapi tanaman utama seperti , padi huma, jagung dan juga kacang tanah.
Wijen sudah lama di kenal oleh masarakat petani dari janman dulu dan sekarang banyak di tanam dan di budidayakan untuk keperluan produksi penyedap makanan dan juga untuk di buat minyak wijen yang sangat di butuhkan untuk keperluan kesehatan.






Tumbuhan wijen merupakan tumbuhan yang memiliki bunga dan termasuk family Pedaliacae dan bijinya memiliki kandungan minyak.
Biji wijen memiliki rasa yang khas dan enak di konsumsi bila di olah sebagi campuran makanan lain atau bisa juga di olah sebagai sambal wijen.
Wijen semakin terasa aromanya bila ke adaan di sangray dengan suhu yang rendah dalam beberapa saat.

Biji wijen bisa di campurkan dengan minyak jaitun dan berbentuk pasta dinamakan Tahini dan di gunakan sebagai saus di Makasar Tengah dan Timur.

Biji wijen hitam memiliki aroma yang lebih kuat dan lebih kaya akan rasa, dibandingkan biji wijen putih dan coklat, biasanya sering di gunakan untuk obat-obatan, dan memiliki kalsium lebih tinggi di bandingkan dengan yang putih.


Lalu apa manfaat biji wijen untuk kesehatan ?

Biji wijen sangat kaya akan manfaat baik yang hitam, putih, maupun yang coklat semuanya kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat dari tanaman wijen untuk kesehatan tubuh.


1. Untuk diabets

Didalam biji wijen sangat kaya akan zat senyawa yaitu Magnesium yang berguna untuk mengurangi resiko terjadinya diabets, dikatakan pula minyak biji wijen di percaya dapat mempengaruhi dampak dari obat-obatan diabets pada diabets tipe 2.
Biji wijen juga bukan hanya mencegah akan tetapi bisa mengobati diabets tipe2.

Benarkah itu ?

Tentusaja benar karena biji wijen mampu mengatur Insulin dan kadar Glukosa di dalam tubuh, nah, untuk anda yang memiliki keluhan diabets di anjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung tambahan wijen dengan secara rutin.


2. Melancarkan pencernaan

Ternyata biji wijen juga sangat baik utuk kesehatan pencernaan anda, di anjurkan bagi yang memiliki masalah dalam pencernaan konsumsilah makanan yang mengandung extrak wijen untuk memperbaiki kesehatan  sistim metabolisme pencernaan anda agar terhidar dari masalah gangguan pencernaan seperti sembelit.

3.  Untuk mencegah hipertensi

Wijen memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan memberikan efek untuk mencegah terjadinya hipertensi dan juga dapat mengatur tekanan darah di dalam tubuh.

4. Mencegah kolesterol

Kandungan Fitosterol yang sangat tinggi di dalam biji wijen sangat baik untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh anda.

5.  Menjaga kesehatan kulit

Tentu perlu anda tahu yang memiliki kulit yang tidak sehat, untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan mengandung wijen karena wijen mengandung Zat besi yang sangat tinggi dan dapat membantu memproduksi Kalogen yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

6. Mencegah kangker

Kandungan-kandungan mineral yang sangat lengkap yang terkandung di dalam biji wijen ternyata sangat baik untuk pencegahan terjadinya kangker dalam tubuh, hal ini akan menghambat perkembangan sel kangkar dalam tubuh.

7.  Sebagai anti bakteri dan anti kuman

Kandungan senyawa yang ada pada wijen yang berguna untuk menjaga bakteri dan juga kuman masuk ke dalam tubuh dan tidak menginfeksi  tubuh.
Bakteri dan juga kuman yang masuk ke dalam tubuh dapat di tekan dan dapat di bunuh penyebaranya sehingga dapat terhindar dari segala penyakit.

8 Meredakan peradangan pada sendi

Apakah anda mengalami sakit pada bagian sendi ?
Untuk itu untuk yang mengalami sakit bagian persendian yang di akibatkan peradangan pada sendi konsumsilah wijen karena kandungan zat senyawa di dalam wijen mampu menbantu menghilangkan sakit persendian dan mengobati peradangan.

9.  Untuk kesehatan hati

Wijen juga dapat membantu membersihkan racun dan membunuh kuman yang terdapat pada bagian hati, dan juga wijen dapat meningkatkan kesehatan pada fungsi hati.
Sehingga kerja hati lebih ringan dan tidak menjadi berat dalam melakukan proses detoksifikasi.

10. Dapat mencegah oesteoforosis

Kandungan kalsium yang tinggi pada wijen sangat baik untuk kesehatan tulang, dan sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang, sehingga anda dapat terhidar terjadinya oesteoforosis.

11. Menjaga kesehatan mata

Selain rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, penting juga anda menngkonsumsi dari makanan yang mengandung sari wijen dikarnakan wijen juga sangat baik untuk kesehatan mata dan mampu mencegah dari serangan berbagai masalah mata.

12.  Sangat baik untuk kesehatan rambut

Minyak wijen sangat baik untuk menyuburkan rambut baik orang dewasa maupun anak-anak, bila buahati anda ingin rambutnya subur dan indah gunakanlal minyak wijensebagai minyak rambut anak anda.
Selain untuk menyuburkan rambut minyak wijen juga dapat mengatasi ketombe di kepala anda.


Cukup di sini ulasan tentang minyak wijen dan informasi yang lainya silahkan kunjungi di halaman berikutnya semoga bermanfaat dan menjadi informasi tentang kesehatan anda.



1 komentar:

  1. ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
    menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
    hanya dengan minimal deposit 10.000
    untuk info lebih jelas segera di add saja Whatshapp : +8558778142
    ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya ^-^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.