Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan - Oleh Mang Cocon

https://teradisisehat.blogspot.com
Anda mungkin sudah banyak mengetahui tentang jeruk purut, jeruk purut gampang di temui di pasar-pasar teradisional.
Jeruk purut memiliki nama latin citrus hystrix dan memiliki penampilan yang berbeda dengan golongan jeruk yang lainya.
Jeruk purut memiliki kulit tekstur yang kasar dan kulitnya sedikit bergelombang dan memiliki rasa dan keharuman yang berbeda dengan jeruk yang lain.
Jeruk purut biasanya di gunakan sebagai penyedap rasa seperti sambel, sate adan hidangan pasakan yang lainya.




 Kandungan nutrisi jeruk purut

Sebelum melangkah tentang khasiat jeruk purut alangkah baiknya anda mengenal apa saja kandungan nutrisi yang terkandungnya, mari kita simak sebagai berikut:

    Serat
    Gula
    Karbohidrat
    Vitamin A
    Vitamin C
    Kalori
    Zat Besi
    Sodium
    Kalsium

Jeruk yang kaya manfaat ini banyak menawarkan dengan ke anekaragaman manfaat yaang terkandung di dalamnya  baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

1.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari kandungan Vitamin C yang memiliki sipat Anti-oksidan alami yang dapat membantu sistim kekebalan tubuh agar tetap sehat. Dalam tubuh yang sehat tentu akan mengatasi resiko inpeksi dan gejala-gejala penyakit yang lainya.

Manfaat lain untuk mengatasi inflensa dan flu dan juga batuk dengan mengambil manfaat dari jeruk purut, caranya sangat mudah :
Abil air dari perasan jeruk purut lalu saring dan seduh dengan air panas, untuk mendapatkan rasa manis masukan madu secukupnya dan kemudian minum sampai inflensa hilang.

2.  Menjaga kesehatan mulut

Manfaat lain dari jeruk purut untuk kesehatan di daerah mulut, dan anda bisa menggosokan secara langsung kulit jeruk ke bagian gusi dan langkah ini akan menghilangkan bakteri jahat yang ada di mulut anda.
Dari minyak ekrak jeruk purut dapan di campurkan pada pasta gigi atau bisa anda campur dengan air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.
Hal yang anda lakukan di atas adalah sebagai  langkah merawat kesehatan mulut denggan mengambil manfaat dari jeruk purut.

3.  Menjaga sistem pencernaan

Kandungan senyawa dari jeruk purut yang dinamakan Anti- inflamasi  yang berpungsi unuk merangsang sistim pencernaan di dalam perut.
Jadi bila anda mengalami masalah dalam pencernaan di antaranya sembelit jeruk purut bisa di jadikan Alternatif untuk penyembuhan keluhan terseazbut.
Dari manfaat jeruk purut di atas cuma hanya sebagian saja dan ada lagi yang lebih penting dan sangat di butuhkan untuk mengatasi resiko-resiko untuk masa mendatang sezperti terjadinya usus buntu, sembelit yang berkeoanjangan , ambeyen atau wasir dan juga menjaga berkembangnya sel kangker didalam usus.

4.  Untuk Perawatan kulit

Anti-oksidan zat senyawa yang terkandung di dalam jeruk purut yang berpungsi untuk menjaga kesehatan kulit dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini juga dapat merusak sel-sel di dalam kulit, dengan kandungan anti oksidan kulit anda akan kelihatan awet muda.
Ada lagi Asam di dalam jeruk purut juga dapat menangkal radikal bebas, tingkat ke asaman yang terkandung di dalam jeruk purut akan mengatasi masalah kulit kering.

5.  Mengatasi dan mengurangi peradangan

Dari ektrak jeruk purut dapat di 8ambil manfaat untuk mengatasi berbagai macam peradangan di antaranya adalah rematik, asam urat, edma, dan juga peradangan yang lainya.
Untuk pengobatanya adalah bisa anda lakukan dengan menggosokan minyak ektrak jeruk purut ke bagian kulit yang sakit, dan untuk di konsumsi jeruk purut bisa di jadikan jus lalu di minum.

6. Menjaga kesehatan kulit wajah

Bila anda ingin terlihat lebih cantik dan menawan silahkan anda mengambil manfaat dari ektrak jeruk purut, sebab jika anda memiliki wajah yang kita inginkan akan menjadikan kita lebih percaya diri.
Apkan tetapi bila masih ada yang memiliki wajah kusam dan terlihat ada bekas jerawat dan sudah tentu itu akan mengganggu penampilan anda.

Apakah ingin tahu cara perawatan kecantikan wajah dengan menggunakan ekstrak sari jeruk purut? caranya cukup mudah dan boleh anda simak.
Ambil jeruk purut secukupnya sesuai dengan keperluan anda kemudian cuci sampai bersih lalu anda iris-iris tipis dan tempelkan pada wajah.
Cara yang dilakukan di atas dapat membantu mengurangi kadar minyak yang berlebihan di wajah yang dapat memicu kulit wajah menjadi kusam dan penyebab terjadinya jerawat di wajah.

7.  Membantu menghilangkan ketombe di kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut.

Meskipun belum banyak orang yang mengetahuinya bahwa jeruk purut memiliki peran penting dalam menjaga dan mengatasi kesehatan rambut.
Dari senyawa yang terkandung didalam nya jeruk purut bisa menjaga kelembaban kulit kepala sehingga ketombepun dapat di atasi.
Selain itu sari jeruk purut dapat menguatkan polikel rambut sehingga dapat mengatasi resiko kerontokan rambut.
Cara penerapan terapi jeruk purut untuk kesehatan rambut adalah, ambil jeruk purut dan belah menjadi dua kemudian gosokan pada kulit kepala jeruknya sambil di peras, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksiml.

8.  Mengobati gigitan serangga.

Dari kandungan senyawa sitronelol dan limonene yang terkandung di dalam jeruk purut ternyata memiliki ke ampuhan untuk mengatasi infeksi akibat gigitan serangga.
Gigitan serangga tidak bisa di anggap remeh mungkin harus segera ditangani, dan cara penerapannya oleskan jeruk purut pada bagian yang terkena gigitan.


Demikian ulasan dari tanaman jeruk purut, semoga jadi sebuah pengalaman anda dalam mengatasi masalah
tentang kesehatan anda salam sehat sampai jumpa.

2 komentar:

  1. Games Baru Yaitu Games : SAKONG
    Mainkan Dan Menangkan Permainan Games Sakong
    Hanya Di : http://bit.ly/2l4ucZT
    Setiap Orang Berkesempatan Kartu Bagus
    Nikmati Sensasi Menjadi Bandar Sakong
    Info Selengkapnya : http://bit.ly/2l4ucZT

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D/E/W/A/P/K
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang uang jutaan rupiah lo
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142 terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.