Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan - Oleh Mang Cocon


https://teradisisehat.blogspot.com
Cabe rawit adalah salah satu jenis cabe yang memiliki rasa sangat pedas dan termasuk sayuran, cabe ini sering di gunakan untuk citra rasa selera pedas dan memiliki rasa yang beragam dengan keberadaan cabe rawit tersebut.

Rasa pedas yang terdapat pada cabai rawit di sebabkan didalam cabe rawit mengandung senyawa capsaicin dan memiliki nama ilmiah Capsicum frutescens yang masuk ke dalam tanaman solanaceae atau terung-terungan.



Ada beberapa macam cabe rawit yang ada di daerah kita cabe rawit putih, cabe rawit ceplik, dan ceplik hljau.


Slain memiliki kandungan capsaicin cabe rawit juga mengandung senyawa dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita di antaranya adalah:

  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Mineral
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Capsaicin
  • Zat kapsaikin
  • Zat kapsisidin
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Niacin
  • Kalium
  • Lasparaginase
  • Kalium
  • Tembaga
Walaupun caberawit hanya di gunakan untuk citra rasa tapi cabe rawit banyak manfaat untuk kesehatan manusia di antaranya adalah:

1. Untuk memperlancar pencernaan

Bagi anda yang mengalami pencernaan yang tidak lancar, anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi cabe rawit untuk mengatasinya.

Kenapa cabe rawit sangat baik untuk kesehatan?
Karena di dalam cabe rawit mampu menstimulasi sistim pencernaan dengan meningkatnya arus produksi enzim dan juga asam lambung.
Untuk itu akan membantu tubuh dalam proses terjadinya metabolisme makanan, juga ketika sulit membuag gas dalam tubuh pun dapat di atasi dengan serbuk cabai karena serbuk cabai memproses terjadinya asimilasi dan eliminasi dalam tubuh dengan adanya stimulasi gerakan peristaltic perut.


2.  Menurunkan berat badan


Bagi seseorang yang sedang mengikuti program diet boleh anda mengkonsumsi cabe rawit namun sangat tidak di anjurkan anda menggunakan herbalin. Cabe rawit yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh ini ternyata mampu membakar lemak secara berlebih.


3.  Mengatasi infeksi pada luka

Kandungan anti-jamur yang di miliki oleh cabe rawit mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang di sebabkan dengan infeksi.


4.  Anti kangker

Proses kerja cabe rawit di dalam tubuh menghilangkan sel kangker dan tidak merusak jaringan tubuh yang lainya termasuk sel normal.
Kandungan zat yang ada pada cabe rawit yang dapat menghilangkan sel kangker adalah capsaicin namun tidak di anjurkan mengkonsumsi secara berlebihan.

5.  Untuk meningkatkan kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi cabai rawit dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bila seseorang terserang jantung di karnakan tekanan darah mereka mengalami tidak setabil atau terlalu tinggi.
Cabai rawit dapat mencegah serangan jantung, karena dengan mengkonsumsi cabai dapat membantu membuang kolesterol jahat dari dalam tubuh dan juga cabai rawit memiliki karakteristik untuk membuka arteri di jantung.

 6.  Mengatasi strock

Cabai rawit memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan strock di akibatkan oleh tidak lancarnya peredaran darah dan terjadi sumbatan-sumbatan  pada pembuluh darah dan terjadi pembekuan darah pada otak.

7.  Menjaga kekebalan tubuh

Dengan kandungan Vitamin C yang tinggi cabe rawit dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan dapat melindungi dari serangan berbagai macam penyakit.

8.  Sebagai anti inflamasi

Anti inflamasi adalah ramuan herbal yang dapat membantu menyembuhkan penyakit diabets dan juga dapat mengatasi kerusakan saraf yang berhubungan dengan adanya penyakit herpes yang di akibatkan adanya virus.

9.  Menurunkan demam tinggi

Selain buahnya cabai rawit yang di konsumsi sebagai makanan herbal tapi dari bagian tanaman cabai rawit bisa di ambil manfaatnya untuk menurunkan demam tinggi contohnya daun cabai.
Daun cabai dapat di ambil manfaatnya untuk penurun demam tinggi dengan cara daun cabai rawit di lumatkan dan di campur dengan minyak salada lalu di balurkan ke seluruh tubuh.

10. Meredakan filek dan hidung tersumbat

Hidung tersumbat dan menghilangkan masalah filek dapat anda manfaatkan dari khasiat cabe rawit, cabe rawit memiliki kandungan Capsaicin yang dapat mengencerkan lendir pada daerah tersebut.

11.  Menjaga kesehatan mata

Bila anda suka dengan mengkonsumsi cabe maka kesehatan mata anda akan terjaga, dengan kandungan Vitamin B1 akan membantu menjaga ketajaman penglihatan anda.

12. Menjaga kulit anda dari serangan jamur

Dari manfaat lain dari kandungan capsaicin dapat melindungi kulit anda dari serangan penyakit kulit terutama jamur, sehingga gatal-gatal yang di sebabkan oleh jamur kulit dapat di atasi dengan  rajin-rajin mengkonsumsi cabai rawit.


Sampai di sini jumpa  kita semoga  postingan kali ini dapat bermanfaat dan sumber inpormasi  untuk kita semua.

2 komentar:


  1. Games Baru Yaitu Games : SAKONG
    Mainkan Dan Menangkan Permainan Games Sakong
    Hanya Di : http://bit.ly/2l4ucZT
    Setiap Orang Berkesempatan Kartu Bagus
    Nikmati Sensasi Menjadi Bandar Sakong
    Info Selengkapnya : http://bit.ly/2l4ucZT

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D/E/W/A/P/K
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang uang jutaan rupiah lo
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142 terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.